Archive for Yummmiiiiiiii

Di hari libur

Hari libur, wiken sangat menyenangkan buat saya. Karena dihari libur saya bisa bersantai-santai. Mulai dari bangun siang, mandi siang (sore bahkan :D), malas-malasan, dan pastinya beres-beres rumah. Hari libur biasanya dimulai dengan bangun siang, bangun jam 8-an, beres-beres tempat tidur dan rumah, trus tidur lagi hehehehe…..

Tapi minggu kemarin, saya coba untuk masak-memasak bersama kakang brama yang kebetulan pulang. Berbekal buku resep masak yang dibeli dikantor akhirnya kita mulai berbelanja membeli bahan-bahan. Untuk resep yang pertama kita mau coba bikin sushi, trus tumis cailan atau apalah namanya, pancake, kentang kecil semur, dan calamary. Banyak amat??emang, saya juga heran kok banyak-banyak amet, padahal yang makan cuma berdua (tadinya mau ngajakain bunda, tapi bundanya lagi sibuk bungkus-bungkus). Yah…..biar skalian coba-coba.

Sebelum memulai masak sayur dan lain-lain, kakang brama terlebih dahulu membuat pancake (padahal kalo di Palembang sana sieh namanya mpleng-mpleng), bahannya dari terigu, telur dan susu. Semua dikocok, lalu di goreng (atau dipanggang ya??) dan hasilnya lumayan, apalagi kalo dikasi susu atau pakai fla terasa lebih enak.

Setelah bikin pancake kita mulai resep pertama yaitu sushi. Semua bahan sudah disiapin, dan giliran kakang brama yang membentuk, dan hasilnya??? GAGAL hihihihihi….Pertama, gulungannya jd acak-acakan, kedua nori (rumput laut)nya kurang gede, jadi alhasil bleber semua, dan yang ketiga nasinya kurang pulen jadi ga bisa dibentuk alias mawur-mawur. Yah…walaupun rupanya buruk tapi rasanya lumayan enak ;))

Resep kedua yaitu kentang kecil semur. Caranya sieh gampang, nggak serumit bikin sushi. Kentang kecil cuma direbus ga perlu dikupas kulitnya, lalu tumis bumbu, kasih sedikit air, masukin kentangnya, jadi deh…..Nah kalo yang ini sieh lumayan berhasil, rasanya enak, penampilannya juga lumayan, HORE!!!

Resep ketiga yaitu calamary, kalo yang ini rasanya enak, cuma rupanya buruk huhuhuhu…..tidak sesuai dengan yang dibayangkan. Ngebayanginnya sieh bakal jadi crispy dan crunchy, ternyata tidak sama sekali. Jadi kesimpulan GAGAL!!!!

Dan yang terakhir bikin tumis cailan. Bumbu-bumbu diiris, cailan dipotong-potong, lalu ditumis, ditambahin cumi dan udang, jadi deh…rasanya hmmmm…..LUMAYAN…. Bumbunya terasa walaupun lebih dominan rasa pedas, kalo kata kakang brama, “eta angger!!!!” ekspresi pertama yang selalu keluar setelah mencicipi masakan saya. 😀 

Akhirnya selesai juga acara masak-memasak, waktunya kita menyantap semua hidangan sampe kenyaaaaannggg. Ah…..hari minggu memang menyenangkan!!!!!

Advertisements

Leave a comment »

Tekwan (Eps. I)

Salah satu makanan paporitku, namanya tekwan, ada yang bilang tekwan mirip kimlo. Asalnya sama dari tempat saya lahir, PALEtekwan.jpgMBANG, my home town. Berhubung saya suka dikirim tekwan kering, jadi ga perlu repot-repot buat tekwannya tinggal buat kuahnya aja hehehehe…..Kalo mo nyari yang jual tekwan kering, di Bandung saya belum tau, tp coba aja ke Pak Raden, yang di jalan Dipati Ukur sebelum UNIKOM, siapa tau ada. Jadi untuk episot ini kita buat tekwan Instan alias tekwannya sudah jadi tinggal bkn kuahnya. Sekarang kita mulai …… Read the rest of this entry »

Comments (4) »

Kacang Mede Goreng Ebi

Bahan :

  1. 1 kg Kacang Mede
  2. 3 siung Bawang putih/lebih sesuai selera, dihaluskan
  3. 1 sdk teh garam
  4. Minyak untuk menggoreng
  5. 12 siung bawang putih/lebih (kl saya pasti dilebihin, soalnya gorengan bawang putihnya kadang lebih enak ketimbang kacangnya 🙂 )diiris tipis, goreng kering di api kecil
  6. 25 gr ebi (udang kering halus/kecil), haluskan, sangrai
  7. 1 sdk teh bubuk cabai
  8. 3 sdk makan keju bumbu kentang goreng (siap pakai, tp saya blm tau carinya dmn) 

Cara Membuat :

  1. Seduh kacang lalu tiriskan. Lumuri dengan bawang putih halus dan garam. Diamkan 1 jam diatas peniris/saringan gede
  2. Goreng kacang mede sampai renyah, diatas api kecil
  3. Aduk kacang mede goreng, bawang putih goreng, ebi, bumbu keju, & bubuk cabai hingga rata

Selamat mencoba. Jika sukses beri saya sampel nya ya…… 🙂

*sumber : http://Sedap-sekejap.com *

Leave a comment »